Senin, 11 Januari 2016

Virus Komputer Paling Berbahaya di dunia



Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Berikut ini beberapa Virus Komputer Paling Berbahaya di dunia:
  • SQL Slammer                                                                                                                              SQL Slammer merupakan salah satu virus komputer paling berbahaya di dunia. SQL Slammer muncul pada tahun 2003 tepatnya pada bulan Januari. Virus komputer ini dapat menyebar cepat melalui internet dan mengakibatkan terinfeksinya komputer. Pada waktu itu virus ini menyebabkan layanan pada ATM di Bank Amerika mengalami crash, sehingga menyebabkan hancurnya layanan 911 Seattle, dan juga Continental Airlines yang menyebabkan pembatalan beberapa jadwal penerbangan karena eror pada check in dan ticketing.
  • Conficker                                                                                                                                       Conficker merupakan worm yang pernah muncul beberapa tahun lalu tepatnya pada bulan Oktober 2008. Conficker ini menyerang sistem operasi Windows dan yang paling banyak ditemui pada sistem operasi Windows XP saat itu. Akhirnya Microsoft mengeluarkan patch untuk menghentikan worm tersebut pada tanggal 25 Oktober 2008. Pada tanggal 16 Januari 2009, worm ini telah menginfeksi sebanyak 9 juta PC dan merupakan salah satu virus yang dapat menyebar dalam waktu yang cepat dan relatif singkat.
  • My Doom                                                                                                                                    My Doom muncul pada sekitar tanggal 26 Januari 2004, virus ini dianggap sangat berbahaya karena dengan cepat dapat menginfeksi sekitar 2 juta pengguna komputer yang tersebar di seluruh dunia. Virus My Doom ini menyebar ke komputer pengguna melalui email dengan pengiriman secara acak. Ketika korban tidak menyadari bahwa itu virus, dan membukanya maka otomatis virus tersebut akan menginfeksi komputer. Dan yang bahaya lagi adalah virus tersebut akan di transfer ke seluruh alamat email yang ada pada kontak di email korban. Virus ini mengalahkan rekor virus sebelumnya yaitu worm Sobig F.
  • Sobig F                                                                                                                                           Sobig F muncul pada bulan Agustus 2003 yang menjadi bulan menyedihkan bagi para pengguna komputer entah itu perusahaan ataupun pengguna biasa di seluruh dunua. Virus ini menyerang melalui internet bagi para pengguna internet. Virus ini dapat membongkar sistem keamanan dalam sistem komputer dan juga dapat menyusup pada email. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 2 juta pengguna komputer yang tersebar di seluruh dunia.
Cara Mengatasi Virus Komputer

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Sekian pembahasan mengenai beberapa virus komputer yang paling berbahaya di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar