Kamis, 07 Januari 2016

Tips Meningkatkan Omset Bisnis

Omset sebuah bisnis merupakan sebuah kunci utama untuk mengembangkan usaha kita (cara meningkatkan omset penjualan ),meningkatnya omset di dalam penjualan bisa menjadi gambaran akan potensi suksesnya bisnis tersebut,untuk seorang sales saya rasa sudah bukan hal yang asing lagi,hampir 80% sales/marketing di sebuah perusahaan di target omset perbulan ,per 3 bulan dan pertahun.
cara meningkat omset kita harus perhatikan kondisi pasar ,lihat dan membaca strategi pesaing bisnis kita.

 Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik bisnis/pelaku UKM untuk meningkatkan omset bisnis.

 1. Tentukan Target Market Potensial

 Untuk meningkatkan omset bisnis, salah satu cara penting yang perlu dilakukan adalah menentukan target market atau target konsumen yang paling berpotensi untuk meningkatkan omset, misalnya kalangan menengah keatas (Jika produk kita premium) atau kalangan anak-anak sekolah/mahasiswa jika produk kita memang fokus untuk melayani kebutuhan siswa/mahasiswa.

 2. Rencanakan Promosi

 Cara selanjutnya untuk meningkatkan omset bisnis adalah dengan melakukan perencanaan promosi. Banyak UKM tidak melakukan perencanaan terlebih dulu ketika akan melakukan promosi bisnisnya. Merencanakan promosi bisa dilakukan secara sederhana, misalnya dengan menetapkan periode waktu promosi, tetapkan list strategi promosi serta target yang ingin dicapai.

 3. Membuat Paket Produk

 Ada cara untuk membuat konsumen melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar. Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar konsumen membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa dan sebagainya).

 4. Insentif Untuk Konsumen

 Langkah lainnya yang cukup ampuh untuk meningkatkan omset adalah dengan memberikan insentif ke konsumen jika konsumen tersebut melakukan pembelian berulang atau pembelian dalam jumlah tertentu ( beli skala kecil, skala besar). Pada dasarnya konsumen senang jika diberi insentif sehingga akan memotivasi untuk melakukan pembelian lebih. Insentif bisa berupa potongan harga, gimmick hadiah, tambahan bonus dll.

 5. Varian Produk

Strategi selanjutnya adalah dengan melakukan pengembangan produk (product development). Pengembangan produk ini bisa kita lakukan dengan cara membuat varian produk/jasa yang lebih variatif. Hal yang penting dari strategi ini adalah kita peka terhadap kebutuhan konsumen. Varian produk ini bisa dalam hal ukuran yang berbeda, fitur yang berbeda, jenis produk, tipe serta variasi lainnya. Varian produk juga bisa merupakan turunan produk, misal anda menjual handphone dan disaat yang bersamaan juga menjual power bank. training bisnis online

Sekian artikel tentang Tips Meningkatkan Omset Bisnis semoga sukses ya...

1 komentar: