Jumat, 08 Januari 2016

Cara menurunkan kolesterol secara cepat dan alami



Kolesterol begitu disebut bagi beberapa orang akan terlintas dalam benaknya bahwa sesuatu yang membahayakan bagi tubuh. Namun anggapan tersebut adalah keliru. kolesterol tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja ada kolesterol yang tidak baik untuk tubuh dan inilah yang sering disebut dengan kolesterol jahat. kolesterol jahat ini yang sering kita dengar. Semakin banyak kolesterol jahat dalam tubuh, maka resiko penyakit pun juga bisa semakin besar. Penyakit seperti stroke, hipertensi, jantung salah satu sebabnya adalah disebabkan karena penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.

Cara menurunkan kolesterol secara alami sangat disarankan banyak pihak termasuk dokter sekalipun. Mengatur pola makan serta olahraga rutin merupakan cara terbaik yang dapat anda lakukan. Apabila anda menderita kolesterol tinggi, berikut ini tips-tips dan cara menurunkan kolesterol yang terbukti efektif.

1. Olahraga secara rutin
Olahraga menjadi salah satu hal yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol, tidak harus melakukan olahraga berat atau bergabung gym. Anda dapat melakukan olahraga kardio seperti jogging, lari ditempat dan lainnya. Selain menurunkan kadar kolesterol tentunya juga dapat menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan.

2. Mengurangi konsumsi gluten
Gluten merupakan kandungan yang terdapat dalam pati seperti tepung. Hindarilah makanan yang terbuat dati tepung atau gandum karena makanan tersebut tinggi akan gluten. Gandum juga tidak selamanya sehat dan baik untuk kesehatan.

3. Mengubah pola makan sehat
Berbagai makanan sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Konsumsilah makanan makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daing, susu, mentega, keju, makanan bersantan, dan makanan berminyak.

4. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, untuk lebih baik anda bisa mengkonsumsi buah buahan dan sayur yang mengandung fitosterol. Pasalnya buah yang mengandung fitosterol juga mempunyai kandungan serat, dimana kandungan serat ini mampu mempercepat penyerapan kolesterol dalam usus kita. Anda dapat menemukan kandungan fitosterol dalam buah anggur, apel, kacang tanah, kedelai, pisang, melon, sayur buncis, brokoli, kembang kol.

5. Konsumsi makanan penurun kolesterol
Kolesterol dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Untungnya ada banyak sekali makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Beberapa makanan tersebut yakni seperti jus kubis, oatmeal, buah belimbing, buah naga, buah melon, buah alpukat, sayur kubis, buncis, brokoli, kedelai, ikan dengan kandungan omega 3, teh, dan masih banyak lagi.tips

6. Kurangi atau hindari beberapa makanan berikut ini:

  • Goreng-gorengan, mentega
  • Kuning telur, telur puyuh, otak sapi, daging sapi berlemak, gajih sapi dan kambing
  • Susu berlemak tinggi, keju, dan susis
  • Udang, kepiting, siput, belut, kerang,
  • cumi-cumi,dll


Itulah tips dan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang dapat anda lakukan mulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar