Senin, 04 Januari 2016

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit pada Tenggorokan


Sakit tenggorokan bisa menyakitkan dan menjengkelkan. Untungnya, sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh penyakit ringan dan bisa sembuh tanpa perawatan medis.

Beberapa kondisi dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

1.Infeksi Virus

Banyak sakit tenggorokan disebabkan oleh penyakit virus, seperti:
  • Pilek biasa, merupakan jenis paling umum dari infeksi virus.
  • Infeksi dari kotak suara (laryngitis).
  • Mononucleosis (mono, atau “penyakit ciuman”), infeksi virus yang cenderung menyebabkan sakit tenggorokan yang persisten.
  • Infeksi virus lain, seperti gondok, Herpangina, atau influenza.
2.Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini dapat terjadi dari:
  • Tenggorokan Strep, yang biasanya tidak terjadi dengan kongesti atau batuk.
  • Suatu peradangan atau infeksi pada amandel (tonsilitis) dan kadang-kadang adenoid (adenoiditis).
  • Peradangan epiglotis (epiglotitis).
  • Peradangan uvula (uvulitis).
  • Pada kasus yang jarang, penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore atau klamidia. Jika Anda telah terlibat dalam perilaku seksual berisiko tinggi, maka pertimbangkan kemungkinan adanya gonore atau klamidia.                                                                                                   
3.Iritasi dan Luka


Sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu, seringnya disebabkan oleh iritasi atau cedera, seperti:

Iritasi tenggorokan dari kelembaban yang rendah, merokok, polusi udara, berteriak, atau postnasal drip (akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan menjurus pada atau memberikan sensasi dari lendir yang menetes kebawah dari belakang hidung).
Bernapas melalui mulut ketika Anda memiliki alergi atau hidung tersumbat.
Asam lambung yang naik ke tenggorokan, yang mungkin merupakan gejala dari penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Meskipun GERD sering terjadi dengan gejala mulas, rasa asam di mulut, atau batuk, namun kadang-kadang sakit tenggorokan adalah satu-satunya gejala GERD.
Cedera pada bagian belakang tenggorokan, seperti goresan atau tusukan dari benda runcing yang masuk melalui mulut, misalnya tulang
Sindrom Kelelahan Kronis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan kelelahan ekstrem.
Pengobatan untuk sakit tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Anda mungkin dapat menggunakan pengobatan tradisional untuk membantu meringankan sakit tenggorokan.

Karena infeksi virus adalah penyebab paling umum dari sakit tenggorokan, maka sangat penting untuk tidak menggunakan antibiotik untuk mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi virus. Antibiotik tidak mengobati infeksi virus. Penggunaan tidak perlu dari antibiotik dapat menghadapkan Anda terhadap risiko reaksi alergi dan efek samping antibiotik, seperti mual, muntah, diare, ruam, dan infeksi jamur. Antibiotik juga dapat membunuh bakteri yang menguntungkan dan mendorong pengembangan berbahaya dari bakteri resisten antibiotik. kursus

Cara mengobati sakit pada tenggorokan:

1. Minumlah segelas susu hangat yang dicampur satu sendok madu itu dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan anda.

2. Campurkan garam dalam air hangat gunakan untuk berkumur dua kali sehari. Cara ini cukup instan meredakan sakit tenggorokan.

3. Perbanyak minum air hangat dan hindari sesuatu yang dingin atau asam. Cairan yang hangat akan menenangkan tenggorokan Anda.

4. Perbanyak konsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah dan sayur

5. Hindari asap dan debu, karena dapat mengiritasi tenggorokan Anda lebih lanjut. Jauhi rokok atau lingkungan yang penuh asap rokok.

6. Bicara atau menyanyi seperlunya saja. Berikan tenggorokan Anda istirahat. Tindakan tersebut membantu Anda untuk pulih lebih cepat.

7. Pertimbangkan untuk mengonsumsi permen atau obat pelega tenggorokan. Terkadang makanan tersebut bisa membantu meringankan sakit tenggorokan Anda.

8. Konsumsi kunyit. Parut kunyit kemudian air hasil perasannya dicampur sedikit garam lalu diminum.

9. Jika sakit tenggorokan kronis, kurangi hal-hal yang menyebabkan iritasi seperti penggunaan pelembab udara dekat tempat tidur

10.Mengunyah cengkeh dapat mencegah iritasi pada tenggorokan. Meski awalnya terasa panas, namun panas tersebut hanya sebentar dan tenggorokan Anda akan terasa lebih baik.

semoga info yang saya berikan bermanfaat bagi semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar