Jumat, 15 Januari 2016

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan


Tertawa bisa membantu kita merasa berenergi dan segar. Hal ini karena tertawa bisa meningkatkan asupan oksigen dan melepaskan endorfin, yaitu hormon feel good yang membuat kita merasa bahagia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Charlie Chaplin, bahwa tertawa adalah obat yang bagus untuk menghilangkan rasa nyeri.


  • Mengurangi Stress
    Ketawa bermanfaat mengurangi stress. Tertawa membuat orang bahagia sehingga dapat mengurangi beban psikologis yang dialaminya. Tertawa diketahui dapat mengurangi produksi hormon cortisol dan adrenalin yang dikenal sebagai hormon stress. Orang yang stress dianjurkan mencari hiburan yang positif dan membuat bahagia, salah satunya adalah dengan menikmati hiburan yang lucu.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Sering tertawa baik bagi imunitas tubuh. Stress dan pikiran negatif dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Pikiran yang rileks dan positif cenderung memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu Stimulasi Organ dan Otot
    Saat kita tertawa, beberapa organ dan otot tubuh kita turut terstimulasi. Organ-organ yang terstimulasi saat tertawa antara lain jantung, paru-paru, dan diafragma. Otot-otot yang terstimulasi saat kita tertawa adalah otot muka dan otot perut. Stimulasi ini dapat menjadi latihan fisik yang baik bagi organ dan otot tersebut untuk menjaga fungsi fisiologisnya.
  • Membuat Bahagia
    Tertawa adalah respon alamiah tubuh kita terhadap sesuatu yang menyenangkan sehingga sering tertawa dapat membuat orang lebih bahagia. Tertawa dapat meningkatkan pelepasan hormon endorphin, salah satu hormon yang membuat seseorang merasa bahagia. Rasa bahagia menjauhkan seseorang dari stress yang dapat mendorong seseorang merokok, minum alkohol, menggunakan narkoba, dsb.
  • Membantu Fungsi Otak
    Tertawa juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Tertawa dapat menstimulasi otak kiri dan otak kanan secara bersamaan. Stimulasi otak dapat menjaga fungsi otak tetap optimal sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan mengingat.
  • Memperbaiki Mood
    Mood yang baik meningkatkan kekuatan mental dalam berkonsentrasi, mengendalikan perasaan, dan mengatasi tekanan kejiwaan. Tertawa dapat memperbaiki mood yang buruk karena tertawa dapat membuat orang merasa rileks dan nyaman. tips n trik


Masih Meragukan Mnfaat dari Tertawa?Mulai sekarang kita bisa tertawa sesuka hati .Tapi ingat, jangan terlalu sering tertawa ya ... bisa-bisa semua orang kabur melihat kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar