Rabu, 20 Januari 2016

Manfaat Komputer di Zaman Sekarang


Gaptek atau ketinggalan zaman akan melekat pada seseorang jika tidak dapat menggunakan laptop / komputer. Dilain bidang, yaitu bidang pekerjaan menuntut kebanyakan orang untuk dapat mengoperasikan komputer. Sebab dengan penggunaan komputer dapat mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan.
Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.

1. Komputer Membantu Pekerjaan Jadi Mudah

Manfaat komputer yang pertama adalah sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan. Konsep ini sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, bahkan bisa dikatakan ini merupakan tujuan dasar dibuatnya sebuah komputer untuk manusia.

Dengan adanya komputer, banyak pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih mudah, lebih praktis dan lebih menghemat waktu serta biaya. Sebagai contoh, seorang karyawan kantoran yang membuat sebuah laporan pekerjaan dengan komputer tentu lebih cepat dan praktis dibanding karyawan yang mengerjarkannya secara manual (tulis tangan). Selain itu, penggunaan komputer juga bisa menekan biaya dan menghemat waktu karena jika terjadi kesalahan dalam pengetikan maka kertas tidak perlu disobek dan mengetik ulang seperti yang biasa terjadi jika kita menggunakan mesin tik. Si karyawan hanya perlu mengedit semua kesalahan melalui komputernya, lalu jika dirasa sudah sempurna barulah ketikan tersebut dicetak dengan menggunakan printer.

Contoh berikutnya adalah karyawan sebuah bank. Dengan menggunakan komputer, maka segala aktivitas yang melibatkan perhitungan angka dapat dilakukan lebih mudah dan lebih cepat. Coba bayangkan jika seorang karyawan bank harus menghitung sebuah transaksi besar secara manual atau hanya mengandalkan kalkulator, tentunya akan memakan waktu yang tidak sebentar dan besar kemungkinannya bisa menyebabkan kesalahan. Berbeda dengan komputer yang memiliki program-program canggih, sehingga dapat melakukan perhitungan secara cepat dan tepat.

Pekerjaan yang melibatkan proses pengelolaan data juga jadi kian mudah berkat adanya komputer. Alih-alih menyimpan data dalam bentuk kertas yang ditumpuk dalam sebuah ruangan, menggunakan komputer jauh lebih praktis karena tidak memakan tempat dan proses pengelolaan baik itu pencarian maupun pengeditan data bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

2. Komputer Sebagai Sarana Pendidikan

Selain berfungsi sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan, manfaat komputer juga bisa dirasakan dampaknya sebagai sarana untuk belajar. Berkat adanya program-program pintar yang ditanam pada sebuah komputer, kita bisa memanfaatkannya untuk belajar mulai dari hal-hal yang bersifat umum hingga yang bersifat sangat baru sekalipun.

Sebagai contoh, seorang remaja yang bercita-cita menjadi seorang desainer grafis handal dapat memanfaatkan komputer sebagai upaya awal dalam belajar. Ada begitu banyak program umum yang mendukung proses pembelajaran desain di dalam sebuah komputer, sebut saja salah satunya adalah Adobe Photoshop yang merupakan salah satu program terkenal buatan Adobe Systems, dimana dalam fungsinya telah banyak membantu sekaligus melahirkan banyak desainer-desainer handal.

3. Komputer Sebagai Sarana Mencari Informasi

Berkat adanya internet, manfaat komputer di masa kini telah berkembang sebagai sarana untuk mencari informasi. Dengan memanfaatkan komputer, kita tidak perlu lagi repot-repot bertanya pada orang sekitar atau mencari referensi buku tentang informasi tertentu, karena hanya dengan mengandalkan komputer dan jaringan internet maka kita bisa mendapatkan apa yang ingin kita cari tahu.

Selain menghemat waktu, proses pencarian informasi jadi kian mudah dan potensi untuk mengetahui lebih luas lagi tentang informasi tertentu juga kian terbuka luas. Beragam informasi dapat ditelusuri dalam hitungan detik, termasuk informasi-informasi yang mungkin tidak akan dapat kita temukan di dunia nyata.

4. Komputer Sebagai Alat Komunikasi

Lagi-lagi dengan mengkombinasikan perangkat komputer dengan internet, maka kita bisa merasakan manfaat komputer sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya. Jika dulu dibutuhkan proses dan waktu yang cukup lama meski hanya sekedar ingin berkomunikasi dengan orang yang jaraknya cukup jauh dari kita, sekarang dengan menggunakan komputer maka semuanya bisa dilakukan dengan mudah bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Tak peduli berapa jauh jarak antara Anda dengan orang yang ingin Anda ajak bicara berada, dengan komputer maka semuanya bisa dilakukan dengan mudah seolah jarak jauh yang menjadi pemisah telah pudar menjadi begitu terasa dekat.

5. Komputer Sebagai Alat Kontrol

Fungsi komputer di masa kini juga termasuk sebagai alat untuk mengontrol banyak hal. Mulai dari mengontrol transaksi bisnis sebuah perusahaan, mengontrol keuangan, hingga mengontrol alat-alat lain yang terintegrasi dengan perangkat kompter.

Sebagai contoh, serorang pengusaha dapat mengontrol bagaimana laju perkembangan bisnisnya meski ia tengah berada di tempat yang sangat jauh dari perusahaan yang ia miliki. Contoh berikutnya juga bisa kita temui pada beberapa pabrik yang memanfaatkan komputer untuk mengontrol penggunaan alat-alat produksi yang digunakannya.

Berkat adanya komputer, semua aktivitas dapat dikontrol dengan mudah tanpa mempedulikan waktu dan ruang. Tak perlu melibatkan banyak orang, tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan energi, semuanya dapat dilakukan secara praktis dan efisien hanya dengan memanfaatkan komputer.

6. Komputer Sebagai Alat Hiburan

Selain berfungsi sebagai alat untuk mendukung beragam aktivitas yang serius, manfaat komputer juga bisa dirasakan sebagai alat hiburan. Contohnya saja untuk mendengarkan musik, menonton film atau video, bermain game, melakukan obrolan santai bersama teman dengan menggunakan fasilitas tertentu yang terhubung dengan internet, serta banyak lagi hal lainnya.

7. Komputer Sebagai Sarana Usaha

Meskipun harus dibeli dengan uang, namun pada prakteknya komputer juga bisa menghasilkan uang untuk beberapa orang yang memanfaatkannya dengan benar.

Ada banyak lahan usaha yang bisa dibuka dengan memanfaatkan komputer di jaman yang kian maju ini. Beberapa diantaranya yaitu :
  • Membuat usaha service dan install komputer
  • Membuka rental komputer
  • Membuka usaha kursus komputer
  • Membuka warnet
  • Membuka usaha programer akunting dan keuangan
  • Membuat usaha percetakan
  • Membuat usaha vidoe editing
  • Membuat usaha sablon
  • Membuka usaha desain arsitektur
  • Membuka usaha desain grafis untuk periklanan
  • Membuka usaha pembuatan atau desain website
Demikian yang dapat saya berikan , semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar