Selasa, 22 Desember 2015

Tips yang harus dilakukan ketika Smartphone/Gadget terkena air


Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup rentan dengan air. Meskipun sudah ditemukan teknolog anti air, namun mengingat harga yang tidak murah, sehingga tidak semua smartphone menggunakan fitur tersebut khususnya untuk smartphone kelas bawah.

berikut beberapa hal  yang harus di lakukan saat smartphone terkena air:

1. Ambil segera smartphone sobat dari dalam air
Meski smartphone sobat terlihat memiliki casing yang cukup rapat dan tertutup, namun air tetap bisa masuk dengan sangat mudah ke smartphone sobat, jadi jika smartphone sobat tercebur ke dalam kubangan air segera ambil dan matikan smartphone sobat dengan segera dan jangan pernah sekali-kali mencobah menyalakannya sebelum smartphone sobat dalam kondisi yang benar-benar kering, karena untuk menghindari terjadinya konsleting.

2. lepaskan baterai
Langkah yang harus sobat lakukan dengan segera adalah melepas casing bagian belakang dan melapas baterai dari smartphone yang terkena air, karena salah satu hal yang membuat smartphone rusak saat terkena air adalah masih ada tegangan listrik yang berjalan dan membuat konsleting dan membuat beberapa komponen di smarphone sobat jadi tidak bisa berfungsi dengan semestinya, jadi meskipun smartphone terkena air masih bisa selamat asalkan tidak mendapat aliran listrik dari baterai.

3. Lepas SIM card, memory eksternal dan komponen lainnya yang memungkinkan untuk di lepas
Terkadang beberapa orang lebih mementingkan data dan informasi yang terdapat di dalam simcard dan kartu memory di bandingkan perangkat atau smartphone itu sediri, meskipun sim card dan kartu memory relatif tahan terhadap air, akan teapi lebih baik sobat melepas dan mengeringkannya agar tidak berkarat.

4. Lepas semua bagian casing yang bisa di lepas
Agar pengeringan bisa dengan baik dan cepat, lepaskan semua bagian casing yang memungkingkan sobat bisa melepasnya.

5.Keringkan dengan bahan yang mudah menyerap air
Keringkan dengn bahan yang bersifat mudah menyerap air misalnya sobat bisa mengeringkannya dengan tisu, kemudian masukkan ke dalam beras dan pastikan smartphone sobat terendam oleh beras dan biarkan kurang lebih selama sehari dan agar smarphone sobat bisa kering dengan sempurna setiap beberapa jam, sobat bisa merubah posisi smartphone sobat agar tidak ada air yang mengenang.

6. Gunakan kipas angin
Agar smartphone sobat bisa kering dengan cepat, sobat bisa gunakan kipas angin saja dan jangan menggunakan hair dryer karena memiliki suhu yang lumayan panas dan biar tidak terjadi hal tidak di inginkan.

7. Jika sudah kering dengan sempurna, nyalakan smarphone
Jika semua langkah di atas telah di lakukan dan sobat sudah yakin bahwa smarphone atau gadget sobat benar-benar sudah kering langkah selanjutnya adalah memasang kembali komponen/aksesoris yang telah di lepas tadi dan berdoalah lalu nyalakan, jika berhasil smartphone sobat bisa menyala dengan normal seperti sebelum terkena air, dan jika ada keluhan lainnya segera bawah smartphone ke service center akan di tangani oleh pihak yang lebih profesional dalam hal tersebut. kursus komputer online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar