Jumat, 18 Desember 2015

Manfaat Internet Bagi Pelajar

Di zaman sekarang ini informasi sangatlah penting, karena teknologi berkembang dengan sangat cepat. Apabila kita tertinggal berita sedikit saja, itu sama saja berarti kita telah ketinggalan dalam mengikuti perkembangan teknologi dunia. Maka dari itu kita harus mengetahui peristiwa yang terjadi di dunia melalui informasi yang kita dapat dari internet.

Perkembangan informasi tentang Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui internet dapat memajukan dunia pendidikan anak Sekolah-sekolah sudah banyak membuka informasi tentang mereka melalui situs atau website milik sekolah, menjadikan masyarakat mengetahui lebih banyak tentang sekolah dimana anaknya sekolah dan merasa dekat dengan pihak sekolah dimanapun berada.

Berikut manfaat internet bagi pelajar:

1. Memperluas wawasan dan pengetahuan

Di dalam dunia nyata atau dalam ruang lingkup keseharian kita, terkadang kita bosan dengan hal yang begitu-begitu saja. Maka, kita dapat memanfaatkan internet sebagai salah satu sarana penunjang agar mendapat wawasan dan pengetahuan yang lebih.

Wawasan di dalam Internet jauh lebih banyak sama halnya bersosialisasi dengan jutaan orang di luar sana. Wawasan ini difungsikan sebagai media pembelajaran yang cocok, yang belum ada di sekolah dapat menambah dan mencari tambahan ilmu di Internet. pentingnya pendidikan bagi penerus bangsa 

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Komunikasi tidak hanya antar orang di dalam suatu daerah saja. Kita kembali dapat memanfaatkan Internet sebagai ajang sarana komunikasi. Komunikasi di dalam Internet memiliki arti berkomunikasi dengan teman, saudara atau kerabar-kerabat jauh di luar daerah yang kalian huni.


Sarana Komunikasi yang disediakan di dalam Internet biasanya berbentuk Text Chat dan Video Chat. Text Chat adalah suatu cara berkomunikasi dengan 2 orang atau lebih menggunakan media tulisan atau pesan. Contohnya seperti email. Sementara itu, Video Chat merupakan salah satau cara berkomunikasi dengan 2 orang atau lebih menggunakan media video, tatap muka secara langsung namun berada dalam Internet,

3. Sarana Pembelajaran secara Online

Semakin hari, semakin banyak Sekolah yang memberikan kenyamanan akses untuk muridnya belajar secara Online. Salah satu contohnya sebagai website pembelajaran adalah Geschool dan Edmodo.

Di mana, pada Geschool ini sendiri, siswa-siswi dapat belajar dengan baik di sana, membaca dengan online melalui internet, atau bahkan menjawab soal secara online dengan mudah di Geschool.

Sedangkan Edmodo sendiri, Siswa dan Guru di sana dapat saling berinteraksi sehingga seperti terlihat sekolah di dalam internet. Di dalam Edmodo ini, Guru dapat memberikan PR atau Tugas serta Materi yang diunggah di sana. Dan siswa tinggal menjawab dan mempelajari materi-materi yang diberikan.

4. Mempermudah Mencari Informasi

Mencari sebuah Informasi yang simpang siur memang menjadi pertukaran batin yang di mana masalah tersebut harus diselesaikan. Seperti halnya dengan pembelajaran di sekolah. Jika ada materi yang kurang dimengerti atau kurang dipahami, dapat mencari informasi lebih labjut terkait materi tersebut di dalam Internet.

Tidak hanya itu, informasi yang disediakan di dalam Internet sangat cocok sebagai penunjang pembelajaran. Internet ini juga dapat menjadi guru kedua bagi siswa dan siswi tempat mereka belajar.

5. Media untuk saling Bertukar Informasi

Bertukar informasi di dalam Internet sangatlah mudah, tinggal klik, klik dan klik saja sudah cukup untuk semuanya. Bertukar informasi ini bisa kalian gunakan untuk bertukar macam-macam materi sekolah yang berbentuk file/folder untuk dibagikan kepada teman-teman kalian.

Atau bahkan, Guru dapat memberikan materi secara online, dan siswannya dapat mengunduh tanpa kesulitan untuk membeli buku-buku yang lain. Saling bertukar informasi tentu akan menjadi lebih menyenangkan. kursus komputer online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar