Rabu, 16 Desember 2015

Awas bahaya minum air berlebihan

 Meminum air putih dalam takaran besar dan frekuensi sering  dipercaya dapat mencerahkan kulit sekaligus mengeluarkan toksin (racun) dari dalam tubuh.

Padahal, kebutuhan air bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung pada banyak hal, antara lain cuaca dan kegiatan sehari-hari (termasuk jenis, intensitas, dan frekuensi olahraga yang dilakukan). Selain itu, tubuh kita sudah dirancang dengan mekanisme alami untuk menyingkirkan racun-racun dari dalam tubuh, seperti yang dilakukan oleh organ hati, sehingga tidak perlu lagi bantuan air yang berlebihan untuk mengeluarkan racun tersebut. Organ ginjal pun memiliki mekanisme mengeluarkan air jika berlebih, atau menahan air jika tubuh kekurangan cairan.

Penting diingat, untuk penderita ginjal dan jantung, mengonsumsi air secara berlebihan justru tidak dianjurkan. Air yang dikonsumsi secara berlebih dapat masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan volume darah jadi bertambah, sehingga dapat membebani kerja jantung dan memaksanya untuk memompa darah lebih cepat. Juga dapat mendesak ginjal untuk bekerja lebih keras dari yang seharusnya, sehingga justru membahayakan. Idealnya? Minumlah air sebelum benar-benar haus,

Minum terlalu banyak air bisa memicu hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa berakibat fatal,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM Parlindungan Siregar di Jakarta, Rabu (6/3).

Parlindungan mengungkapkan, kekurangan natrium dalam tubuh yang terjadi secara lambat bisa menyebabkan penderita mudah mengantuk. Bila terjadi secara cepat, kekurangan natrium bisa menyebabkan kematian. Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam. Natrium juga penting untuk penyerapan glukosa di dalam usus dan ginjal.
“Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun.

Selanjutnya, pada manula jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter per 24 jam,” saran Parlindungan. Parlindungan menambahkan kadar natrium dalam tubuh manula sudah mengalami pengurangan sehingga konsumsi air yang terlalu banyak bisa memperburuk kadar natrium dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar