Rabu, 16 Desember 2015

tips agar email anda tidak masuk SPAM


Anda harus tahu dahulu kenapa email Anda bisa dianggap spam. Yang harus Anda tahu, ada dua faktor yang menyebabkan email tersebut dianggap spam. Yang pertama adalah kontrol dari ISP (Internet Service Provider) seperti Yahoo dan Google. Biasanya para ISP ini akan “membaca” domain dan IP dari sang pengirim email. Ketika domain dan IP tersebut dibaca oleh ISP sebagai hal yang mengawatirkan atau aneh. Beberapa ISP mempunyai daftar tersendiri atas hal ini dan selalu berubah-rubah setiap waktu.

Yang kedua adalah Anda sendirilah yang menentukan apakah email tersebut spam atau tidak. ISP tentu tidak bisa mengontrol semua email yang masuk kedalam folder inbox Anda, ketika Anda menekan tombol “mark as spam” tentu ISP akan memperhitungkan bahwa domain dan alamat email tersebut adalah spam. Beberapa email subscription pun menyediakan layanan jika email Anda dianggap spam.

Sebenarnya apa yang terjadi jika email marketing Anda masuk spam? Situasi yang terburuk adalah domain Anda akan diblok selamanya oleh email provider. Tentu tidak mau kan email marketing Anda tidak dibaca oleh pelanggan Anda.

Email Masuk Spam Akibat Terjerat Konten Filter

Coba saja anda kirimkan email ke Gmail atau Yahoo dengan subject dan konten mengandung kata-kata “viagra” dijamin email anda langsung akan masuk spam. Tidak percaya? coba anda buktikan sendiri.

Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam akibat terjerat konten filter, IP Address boleh bersih dan mempunyai legitimasi tapi kalau konten email anda berisi kata-kata “jorok” yang dianggap sebagai kata-kata “spam” maka tentu saja email akan tetap masuk spam.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? tentu saja gunakanlah kata-kata yang tepat dalam konten email anda. Kemudian pastikan anda tidak menggunakan kata-kata yang masuk dalam kategori abu-abu meskipun perasaan anda sedang tidak bagus tapi jangan sampai sekali-kali menggunakan kata-kata “jorok” dalam konten email anda tersebut.

Email Masuk Spam karena Email Filter

Jika saya tidak suka email yang anda kirim mudah saja caranya, tinggal centang pesan email anda dan klik Mark As Spam kasus selesai dan email anda tidak akan masuk lagi di inbox email saya. Tapi jika masih saja membandel langsung saja saya bikin filter berbunyi “bahwa semua email yang terkirim dari alamat email anda akan langsung saya buang ke spam” ini bahasa saya ya, anda dapat mendefinisikan filter melalui email filter dan setelah anda melakukan filter maka dijamin 100% email tersebut tidak akan bisa masuk inbox dan langsung dibuang ke spam. Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam karena email filter.

Mengapa seperti ini? pengirim email dituntut berhati-hati dalam mengirimkan pesan jika tidak menginginkan email yang dikirim tragis masuk ke spam. Pengirim email yang baik biasanya mengirimkan email kepada seseorang yang telah saling mengenal dan tidak mengirim secara asal bahkan massal kepada orang yang sama sekali tidak dikenal. itulah sepertinya solusi pada point ke-3 ini.

Jadi apa yang akan anda lakukan setelah mengetahui ke-3 hal ini? semoga anda dapat menggunakan email dengan bijak karena mestinya demi keuntungan anda dan usaha anda sendiri. Tapi bagaimana kalau email masih masuk Spam? manfaatkan paket hosting khusus untuk email detail infonya bisa anda dapatkan pada halaman email hosting

Solusi nya sebagai berikut :

1. Pertama adalah pastikan email yang anda masuk ke folder inbox, dan bukan kotak spam.

Kebanyakan orang, jarang membuka email yang masuk ke kotak spam. Sebagian orang juga akan langsung menghapus email yang masuk ke sana. Caranya, pastikan si penerima menyimpan email anda sebagai kontak di emailnya.

2. Setiap mengirimkan email, pastikan anda beri judul.

Mungkin saja, saat anda sedang sibuk-sibuknya sampai terlupa memberikan subject/judul pada email yang anda kirim. cara mengatasi facebook terblokir

3. Jangan gunakan HURUF BESAR.

Baik di judul email maupun tubuh email, HINDARI menuliskannya dengan HURUF BESAR. Selain secara etis, di internet, huruf besar dianggap tak sopan karena diidentikkan seperti orang yang sedang berteriak, filter spam pada email pun sangat besar kemungkinannya memasukkannya ke keranjang spam.

4. Pastikan nama kita muncul jelas sebagai pengirim.

Selain email sebagai pengirim, pastikan nama kita juga tercantum.
Secara teknis pastikan ada informasi
From : “Nama anda “<emailanda@domainanda>.
Pastikan anda memasukkan nama anda dengan benar pada program email yang anda gunakan. Pastikan setting ini bersifat permanen.
Pastikan nama anda mengandung huruf besar pada awal kata saja. Untuk email semua menggunakan huruf kecil

5. Berikan judul yang relevan.

Pada bagian Subject silahkan isi dengan informasi yang cukup, jangan terlalu pendek atau terlalu panjang.
Judul dengan 3 – 5 kata adalah cukup.
Hindari
– subject kosong
– subject dengan satu kata misal : kiriman
– hindari subject terlalu panjang misal : Re Re Re Re

6. Isi pesan

Pastikan isi pesan yang baik dan membentuk paragraf.

7. Signature

Pastikan pada akhir email anda ada informasi:
Nama Anda
Nama perusahaan
Alamat perusahaan
No telepon

8. Jangan sembarangan memasukan email Anda ke forum situs-situs yang tidak Anda percayai

9. Gunakan layanan email yang bagus dan terpercaya agar menghindari Anda dari email-email Spam, seperti contohnya yang bagus adalah Docoblast..:)

10. Hindari mengirimkan attachment dalam email.

Email yang berisi lampiran atau attachment, termasuk yang mendapat perhatian ekstra dari filter spam email. Pada beberapa filter email, lampiran tersebut akan dihilangkan, bahkan terkadang dengan keseluruhan email. Dengan kata lain, email anda tidak sampai pada penerima.
Itu saja penyampaian dari saya. Semoga bisa membantu. ilmu komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar