Sabtu, 19 Desember 2015

CARA SCREENSHOT DI LAPTOP & KOMPUTER


Berbeda dengan screenshot pada HP Android yang mengambil keseluruhan layar, pada komputer bisa dipilih mau screenshot keseluruhan layar atau mau screenshot satu window aplikasi saja.
Untuk screenshot keseluruhan layar kita bisa menggunakan tombol PrtScn pada keyboard.
Sedangkan untuk screenshot pada satu window kita bisa menggunakan kombinasi tombol ALT + PrtScn. Jika ada beberapa window aktif maka screenshot dilakukan pada window yang aktif saja.
Sebagai catatan, PrtScn adalah singkatan dari Print Screen, dan pada beberapa keyboard kadang ditulis dengan PrtSc saja.

Cara Screenshot atau sering juga disebut sebagai Screen Capture di Laptop maupun Komputer sejujurnya sama saja, karena yang membedakan kedua gadget tersebut hanyalah fisiknya, dimana Laptop berukuran ramping dan bisa mobile, sementara Komputer mempunyai ukuran yang berkali-kali lipat lebih besar dari Laptop dan hanya bisa terdiam di sudut ruangan.

Bicara mengenai Cara Mengambil Screenshot di Laptop dan Komputer, dimana jika kita telusuri sesungguhnya ada banyak sekali Cara yang bisa kita gunakan diantarny adalah bisa dengan menggunakan aplikasi Light Shot, Capture Webpage Screenshot atau yang paling praktis dan adalah dengan menggunakan tombol Prt Scr. manfaat magnet bagi kehidupan manusia

Namun sayangnya jika kita mengmbil screenshot menggunakan tombol Prt Scr maka yang akan terscreenshot hanyalah bagian yang terlihat oleh layar, jadi ketika kita membuka web dan ternyata web tersebut memiliki height atau tinggi diatas 2000px, praktis kita tidak akan bisa mencreenshot seluruh isi dari web tersebut jika kita menggunakan tombol Prt Scr. Dan solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan aplikasi atau tepatnya add-on dari Fire Shot yaitu Capture Webpage Screenshot.

Saya akan menjelskan satu persatu bagaimana cara mengambil screenshot dengan dua metode tersebut.

Sebelumnya pastikan di laptop Anda ada tombol Print Scrn, Prnt Scrn, Prt Scn, Prt Scr atau Prt Sc. Jika sudah ada, mari kita masuk pada pembahasan pertama, yaitu cara paling praktis mengambil screenshot menggunakan tombol. belajar komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar