Sabtu, 19 Desember 2015

Tips Mudah Menghemat Battery pada Android



Salah satu kelebihan hp android adalah kita dapat mendownload banyak aplikasi yang dapat berguna bagi kegiatan kita sehari-hari, menariknya berbagai aplikasi tersebut terhubung langsung dengan internet setiap saat, sehingga kita dapat menerima email atau memaca berita yang selalu update setiap waktu.

Namun, kelebihan hp android yang selalu terhubung ke jaringan internet tersebut yang seringkali menjadi alasan kita kehabisan daya baterai pada hp android. Seringkali kita melihat baterai hp android kita terkuras padahal kita tidak terlalu aktif memakainya. Apakah hal ini terjadi pada hp abdroid Anda?

Jadi semakin keras prosessor bekerja semakin boros battery, semakin terang dan lama layar menyala semakin boros battery dan yang paling penting semakin tinggi frekuensi maka semakin membutuhkan daya yang besar pula. Selain itu perpindahan mode frekuensi, misalnya antara GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA juga turut andil dalam pemborosan battery. cara membuat blog dengan mudah

Berdasarka keterangan diatas dapat disimpulkan beberapa cara untuk menghemat battery sebagai berikut:

Jika tidak membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi, ganti mode jaringan koneksi internet menjadi EDGE/GPRS/2G.
Hal ini karena jaringan 3G/HSDPA membutuhkan daya yang relatif besar. Ini dimungkinkan saat kita dalam posisi pasif yaitu menggunakan internet hanya untuk menerima pesan dari whatsapp/bbm saja.
Jika berada dalam kondisi sinyal 3G/HSDPA yang kecil, ubahlah ke mode EDGE/GPRS/2G karena perpindahan jaringan akan cukup menguras battery tanpa kita sadari.


  1. Jangan menggunakan ponsel sambil bergerak/berjalan jika tidak perlu karena pancaran sinyal (transmitter/receiver) akan membutuhkan daya yang lebih besar dibanding saat kita pada posisi diam/tetap.
  2. Switch atau mengalihkan koneksi internet melalui Wifi atau bluetooth jika tersedia jaringan Wifi atau bluetooth karena koneksi internet menggunakan SIM Card membutuhkan daya yang lebih besar untuk konek.
  3. Matikan koneksi Wifi dan bluetooth jika tidak digunakan.
  4. Meskipun tidak dianjurkan, namun mematikan sambungan data seluler adalah pilihan yang logis jika kita berada posisi battery yang minim. Cara ini hanya untuk kondisi darurat karena tentu mengurangi utilitas dari android tersebut. Hal ini karena salah satu kelebihan android adalah adanya beberapa aplikasi favorit seperti Whatsapp dan BBM yang menggunakan sambungan data seluler.
  5. Pergunakan fitur dan aplikasi yang menggunakan koneksi seperlunya saja lalu setelah itu matikan aplikasi tersebut, misalnya GPS dan Sync.
  6. Kurangi kinerja prosessor dengan cara mematikan aplikasi yang tidak perlu melalui task manager.
  7. Jangan sering-sering mengakhiri aplikasi dengan menekan tombol Home karena aplikasi tersebut akan tetap berjalan meski tidak terlihat. Hal ini karena android adalah sistem operasi yang multi tasking yang bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup aplikasi yang lain.
  8. Mengurangi kinerja prosessor juga bisa dilakukan dengan tidak memasang wallpaper bergerak dan animasi yang berlebihan.
  9. Kurangi kecerahan layar namun jangan mengganggu pandangan. Ini cukup membantu namun tidak sebesar penggunaan sinyal dan prosessor.
  10. Gunakan headset untuk mendengarkan suara dan kurangi penggunaan speaker.
  11. Atur volume nada dering atau music yang cukup dan jangan terlalu keras.
  12. Matikan fitur getar manakala tidak dibutuhkan.
  13. Jaga umur pakai dan kemampuan battery dengan cara langsung mengecasnya jika sudah ada peringatan low bat. Karena jika sering dipaksakan sampai kondisi battery dibawah 10% akan sangat mengurangi umur pakai dan kemampuan battery. Hal ini karena pada umumnya battery android adalah dari jenis Lithium (Li) bukan Nikel Cadmium (NiCD) seperti battery tamiya yang hanya dicas saat battery sudah habis.
  14. Meski tidak saya anjurkan namun memasang aplikasi penghemat battery adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan. Tidak dianjurkan karena kadang aplikasi tersebut malah justru menguras battery atau bisa juga membuat kekacauan sistem karena bisa leluasa mengatur kinerja android. private komputer online

demikian Tips Mudah Menghemat Battery pada Android semoga bermanfaat ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar