Selasa, 22 Desember 2015

Tips Mengenali Flashdisk Asli atau Palsu

Sekarang ini media penyimpanan sangat mudah di temukan dimana saja dan harganya pun kompetitif mulai dari yang sangat murah sampai yang sangat mahal. Untuk eletronik kalau harganya murah perlu diwaspadai karena ada beberapa barang yang terlihat mirip tapi ternyata kualitasnya KW. Karena itu diperlukan pengetahuan untuk mengetahui flashdik tersebut Asli atau Palsu.

beberapa ciri produk kw atau palsu itu bisa dicurigai dari hal-hal berikut.

  • Harga yang murah dan jauh dari harga pasaran
  • Tidak adanya segel resmi dari distributor baik itu di box ataupun di flashdisknya sendiri,
  • Segel resmi thosiba

Sebenarnya dua hal tersebut sedikit memberikan gambaran kepada kita sebagai pembeli kok bisa seperti itu, ada baiknya sobat bertanya ke penjual sebelum membeli ini produk asli atau bukan. Bukan masalah kita tidak percaya tetapi untuk berhati-hati lagi. Nah sekarang coba lakukan langkah-langkah sebagai berikut untuk melihat produk asli atau palsu.

1. Colokkan flashdisk tersebut ke port USB, dan perhatikan lampu indikator yang menyala. Biasanya ketika kita mengakses data di flashdisk dan indikator lampu menyala sangat terang, seolah-olah penutup body flashdisk tipis, kemungkinan flashdisk ini palsu sangat besar. Produk yang asli indikator lampunya tidak akan menyala seterang produk palsu. Dan sepanjang pengetahuan saya, flasdisk palsu indikator lampunya berwarna merah menyala.
Indikator lampu flashdisk orisinil kingston
Indikator lampu berwarna hijau pada flasdisk kingston

2. Cara lainnya, coba sobat melakukan format pada flashdisk tersebut di sistem operasi windows 7 atau diatasnya menggunakan file sistem NTFS. Caranya klik removable disk atau tempat flashsdisk tersebut kemudian pilih format. Disini akan terdeteksi bahwa flashdisk menggunakan file sistem FAT 32. Padahal file sistem fat32 untuk saat ini tidak layak lagi, kenapa? karena ada batasan ukuran file yang tidak bisa ditampung lagi. Ukuran file maksimal yang bisa ditampung fat 32 adalah 4GB, lebih dari itu maka file tersebut akan menolak di copy paste. Jadi bagi sobat yang memiliki flashdisk diatas 4GB, wajib menggunakan file sistem NTFS.
screenshot pembacaan flashdisk pada komputer
Flashdisk umumnya diberi nama removable atau terbaca removable disk
Standar file system flasdisk dan melakukan format flashdisk
Gambar pertama merupakan standar file system flashdisk, dan yang kedua melakukan format flasdisk
Proses pemformatan flashdisk untuk melihat palsu atau tidak
Proses format flashdisk dari FAT32 ke NTFS. kursus komputer

3. Setelah melakukan poin no 2, flasdisk palsu yang diformat NTFS tidak akan langsung rusak. Jadi hal yang harus kalian lakukan adalah memasukkan data ke flasdisk tersebut, kira-kira ukuran diatas 1GB. Setelah dimasukkan, silahkan eject (dicabut) flasdisknya dan colokkan kembali ke port USB, lakukan hal serupa (copy data) dan juga silahkan eject kembali. Apabila kita melakukan ini berulang-ulang dan ternyata flashdisk mengalami error dan tidak bisa dipakai, bisa dipastikan bahwa flashdisk tersebut palsu. Silahkan klaim ke penjual untuk menggantinya dengan yang asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar