Kamis, 16 Juni 2016

Pengertian dan Fungsi Microsoft Publisher



Microsoft Publisher 2010 atau disingkat MS Publisher adalah salah satu dari salah banyak pemaketan Microsoft Office. MS. Publisher dirancang untuk tujuan percetakan yang bersifat praktis. Walaupun secara praktis kita dapat juga membuat berkasnya di pengolah kata seperti Microsoft Word, MS. Publisher mempunyai kelebihan yaitu memiliki banyak template-template yang siap digunakan. MS Publisher sering digunakan untuk membuat banner dan poster (Anonima, 2010).

Microsoft publisher Adalah sebuah program aplikasi untuk sistem operasi Windows yang digunakan untuk Desktop publishing. Program ini merupakan buatan Microsoft Corporation, dan mulai pada versi Microsoft Office System 2003, telah diintegerasikan ke dalam paket tersebut. Kini, namanya menjadi Microsoft Office Publisher. Versi terbarunya adalah Microsoft Office Publisher 2007 yang terintegrasi dengan Microsoft Office Publisher 2007 (Anonimb, 2009).

Microsoft Publisher, adalah sebuah aplikasi desktop publishing dari Microsoft. Ini adalah sebuah aplikasi entry-level, berbeda dari Microsoft Word dalam penekanan ditempatkan pada halaman tata letak dan desain ketimbang komposisi teks dan pemeriksaan. Versi saat ini adalah Microsoft Publisher 2010 untuk Windows, tidak ada versi untuk Macintosh.Pada Microsoft Office 2007, Penerbit saldo toolbar tradisional Office versi sebelumnya, tidak seperti program Office 2007 yang lain, yang menampilkan antarmuka pita baru. Microsoft Publisher 2010 berisi antarmuka pita baru.Penerbit termasuk dalam edisi yang lebih tinggi-akhir Microsoft Office, mencerminkan penekanan Microsoft pada aplikasi sebagai penggunaan . belajar ilmu komputer 
yang mudah dan alternatif lebih murah ke “kelas berat,” dengan fokus pada pasar usaha kecil di mana perusahaan tidak memiliki didedikasikan desain profesional tersedia untuk membuat materi pemasaran dan dokumen lainnya. Namun, ia memiliki pangsa relatif kecil dari pasar desktop publishing, yang didominasi oleh Adobe InDesign dan QuarkXPress. Penerbit secara historis kurang disukai di kalangan high-end toko mencetak komersial, dibandingkan dengan aplikasi desktop publishing lainnya. Penerbit posisi sebagai aplikasi entry-level memperburuk banyak hal (terutama dalam versi yang lebih tua) seperti font tersedia dan tertanam benda-benda tidak tersedia pada penyedia layanan mesin ‘. Sebaliknya, Penerbit dilengkapi dengan alat-alat untuk pak file terkait ke dalam aplikasi diri berkembang.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Publisher


Microsoft Publisher memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, diantaranya yaitu :


  1. Untuk pembuatan banner.
  2. Untuk pembuatan sertifikat.
  3. Untuk pembuatan majalah.
  4. Untuk pembuatan kartu nama
  5. Untuk pembuatan kartu undangan.
  6. Untuk pembuatan kalender.
  7. Untuk pembuatan kartu ucapan.
  8. Untuk pembuatan brosur.
  9. Untuk pembuatan katalog.
  10. Untuk pembuatan poster.
  11. Untuk pembuatan koran.
  12. Dan untuk pembuatan desktop publishing lainnya.



Keunggulan Microsoft Publisher


Ms. Publisher memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan, diantaranya yaitu :


  • Adanya banyak template yang siap digunakan.
  • Mudah digunakan dalam pembuatan karya desktop publishing, bahkan untuk pemula sekalipun.
  • Hasil jadi dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format.
  • Hasil jadi dapat dikirim melalui e-mail.
  • Hasil jadi dapat diconvert dengan mudah menjadi bentuk HTML.
  • Hasil jadi dapat langsung disimpan secara online, sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
  • Banyaknya fitur yang mendukung pembuatan desktop publishing sehingga hasilnya lebih bagus dan menarik.



Kekurangan Microsoft Publisher


Merupakan program berbayar, artinya tidak gratis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar