Rabu, 25 Mei 2016

tips memilih yang laptop sesuai dengan kebutuhan


Fleksibilitas pada era sekarang menjadi faktor yang cukup berpengaruh terhadap pemilihan laptop yang kita gunakan. Tak jarang vendor-vendor memunculkan berbagai macam jenis laptop untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan laptop yang ringkas. Mungkin sudah ratusan jenis laptop yang dikeluarkan sejak awal kemunculannya. Jika ada ingin mengerjakan tugas komputasi secara mobile, laptop menjadi pilihan yang bagus mengingat komputasi laptop lebih reliable ketimbang tablet PC.
Tentunya sebelum memilih laptop sesuai kebutuhan anda, anda harus paham mengenai spesifikasi laptop dan kebutuhan anda sendiri. Tak jarang seseorang membeli laptop dengan spesifikasi yang sering tidak mereka gunakan atau membeli laptop yang spesifikasinya sangat rendah. Hal ini tentu saja akan membuat biaya yang anda keluarkan sia-sia. Oleh karena itu, simak tips memilih yang laptop sesuai kebutuhan anda agar terhindar dari kerugian.

Menentukan Budget

First thing first, menentukan dana adalah hal yang selalu kita perhitungkan untuk membeli sebuah barang, apalagi laptop termasuk barang mewah yang bakalan membobol kocek sampai jutaan rupiah. Dengan menentukan dana di awal, anda dapat menentukan laptop dengan spesifikasi semaksimal apa yang bisa Anda miliki.

Fungsi Laptop

Tentukan dahulu fungsi dari laptop yang akan anda beli. Apakah laptop akan digunakan untuk keperluan tertentu saja seperti bermain game, sekedar mengetik, edit gambar, atau semua keperluan anda.
Pekerjaan / Tugas Sekolah : Apabila anda karyawan, pebisnis atau pelajar yang lebih banyak melakukan menulis atau edit teks, membuat tabel anda memerlukan laptop dengan kinerja yang tidak terlalu berat namun dengan ukuran yang nyaman dimata. Laptop 14″ merupakan ukuran yang sesuai.
Game : Laptop untuk game memiliki spek yang lebih tinggi dibandingkan laptop untuk sekedar edit teks. Prosesor i7, kartu grafis yang kuat, serta memori yang besar merupakan syarat utama.
Kegiatan Kreatif : Edit foto, film, gambar, ilustrasi memerlupak laptop dengan spek ukuran layar yang besar, resolusi yang tinggi, serta prosesor dengan kecepatan tinggi.

Ukuran Layar

Tentukan ukuran layar yang ingin anda gunakan. Petunjuk membeli laptop yang tidak dapat anda abaikan, akrena salah memilh ukuran akan membuat anda tidak nyamanketika menggunakannya.
11″ – 13″: Apabila kegiatan anda banyak berpindah-pindah selama menggunakan laptop, layar yang kecil antara 11″ – 13″ merupakan pilihan yang tepat. laptop layar kecil memiliki bobot yang ringan dan tidak membaut anda cepat letih ketika menjinjingnya.
13″ – 14″ : Ukuran layar yang nyaman untuk digunakan segala keperluan, esrta bobot yagn tidak terlalu berat pula.
15″ : Pilihan layar yang terbilang cocok untuk digunakan untuk bermain game, edit foto atau video dan juga tidak merepotkan ketika digunakan untuk edit teks. Hanya saja ukuran yang terlalu tanggung untuk semua keperluan diatas.
17″ : Laptop ukuran besar yang sering digunakan untuk bermain game dan edit foto, video, gambar sepeti kegiatan kreatif. Yang pasti tidak akan nyaman untuk dibawa berpindah-pindah tempat karena dimensinya yang besar dan bobot yang berat.

Spesifikasi Laptop

Spesifikasi laptop terutama pada bagian yang tidak terlihat merupakan panduan membeli laptop yang penting anda lakukan gar mengetahui isi dari sebuah laptop yang bakal Anda miliki. Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah:

Prosesor: Karena prosesor merupakan otak dari sebuah komputer maka semakin tinggi frekuensi GHz dan MHz nya maka semakin cepat kinerja sebuah prosesor.
Memori: RAM lebih tinggi akan membuat kinerja komputer/transfer data lebih cepat.
Hardisk: Kapasitas yang tersedia untuk menyimpan file/media
Koneksi: Jenis koneksi untuk transfer data. ex: bluetooth, wifi, USB, dll.
Baterai: Kapasitas baterai menentukan lamanya masa laptop hidupKompabilitas: Perlu di cek apakah dimasa mendatang anda membutuhkan RAM atau Memori lebih besar.
Keyboard
Mengetik merupakan kegiatan utama ketika menggunakan laptop. Faktor desain dari keyboard menentukan kenyamanan anda ketika mengetik diatasnya. Lihat seberapa besar ukuran jari anda dan juga seberapa jauh jarak antara tombol keyboard dari laptop yang akan anda beli. Coba letakkan jari anda diatas keyboard seperti ketika anda mengetik tulisan.
Touchpad.
Laptop secara default tidak menggunakan mouse sebagai alat penggerak mouse, namun menggunakan touchpad. Desain dan cara mengoperasikan touchpad pada setiap laptop adakalanya berbeda.Pilihlah touchpad yag nyaman untuk anda gunakan.
Kelengkapan yang Didapat
Dalam box sebuah laptop baru biasanya Anda akan mendapatkan manual book, cd install, charger dan baterai. Namun beberapa laptop juga akan datang dengan tas laptop maupun mouse secara cuma-cuma.
Kapasitas Baterai
Laptop didesain untuk dapat digunakan untuk berpindah-pindah tempat. Namun menjadi masalah ketika sumber listrik tidak mudah ditemukan disuatu tempat dan daya tahan baterai untuk mensuplai energi menjadi kekuatan utama. Saat ini sudah banyak laptop dengan daya tahan atau masa hidup bateri yang sangat panjang. Umumnya baerai laptop tradisional hanya mampu memberi energi listrik selama 2 hingga 3 jam tergantung program yang dijalankan.
Merek/Garansi
Pilihlah merek yang sudah diketahui kinerja dan performanya. Cari masukan dari forum-forum yang bertebaran di internet. Tanya juga dari teman, atau rekan yang telah menggunakan laptop merek tertentu.
Sistem Operasi
Sistem operasi menetukan kenyamanan ketika anda menggunakan laptop. Selain itu kecepatan sebuah laptop juga ditentukan oleh OS yang digunakan. SEsuaikan spesifikasi laptop dengan OS yang disarankan. belajar komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar