Minggu, 22 Mei 2016

Manfaat Komputer Dalam Dunia Pendidikan Terlengkap



Secara umum Dunia Pendidikan memang belum pernah benar-benar menjadi wacana yang publik di Indonesia, dalam arti dibicarakan secara luas oleh berbagai kalangan baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan urusan pendidikan. Namun demikian, bukan berarti bahwa permasalahan ini tidak pernah menjadi perhatian. kursus komputer via online


Upaya-upaya peningkatan kualitas mutu serta kuantitas yang membawa nama pendidikan telah dilakukan oleh pihak pemerintah, walau sampai saat ini kita belum melihat hasil dari usaha tersebut. Apabila kita melihat dari sudut pandang nasional atau alias yang umum-umum saja jadi marilah kita lihat apa yang dilakukan oleh pemerintah. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah biasanya bersifat konstitusional demi mendapatkan lulusan dari sekolah yang kompetitif dan siap bersaing secara global, semisalkan dengan menetapkan angka batas minimal kelulusan UAN dengan nilai sebesar 4,00 dengan tidak digabung dengan poin pada ujian praktek ditambah lagi tanpa ujian praktek. Pada hal ini bukannya kita menemukan pemerintah berusaha untuk memperbaiki mutu pendidikan melainkan nampak sepertinya pemerintah hendak menjegal generasi kita.

a.   Pendidikan Jarak Jauh
   Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan, kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.

b.   Laporan
    Aktifitas akademik dapat dengan mudah diketahui oleh siswa dengan membuka komputer, lembaga pendidikan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang guru menyampaikan dengan transparan hasil belajar siswa. Bila ujian dilakukan dikelas, maka bagi siswa yang berhalangan dapat mengerjakannya dirumah dengan membuka komputer.

c.   Keterlibatan Orang Tua
    Banyak orang tua memiliki komputer dan akses internet. Mereka perlu menggunakannya untuk melihat apa yang terjadi di ruang kelas, dan guru-guru pun mulai berkomunikasi dengan orang tua secara online. Bahkan orang tua diberikan akses khusus untuk mengetahui kehadiran anaknya, pembayaran SPP, nilai ujian harian, dan berkonsultasi langsung dengan wali kelas. Bandingkan dengan dulu, dimana orang tua berkenan hadir ke sekolah hanya untuk mengetahui laporan akhir belajar anaknya, sehingga komputer betul-betul bisa mendukung interaksi sekolah dan orang tua.

d.   Presentasi
    Ketika seseorang atau suatu kelompok ingin mengkomunikasikan sebuah gagasan kepada orang lain, hal itu sering kali dapat dilakukan secara efektif dalam sebuah pertemuan dimana presenter menggunakan alat visual untuk menyampaikan pemikirannya. Dulu, orang-orang mempersiapkan transparansi yang diproyeksikan pada sebuah layar sementara presenter berbicara. Komputer biasa digunakan untuk mengatur gambar dan teks dan memproyeksikannya pada sebuah layar dalam proses yang sangat serupa. Presentasi dengan menggunakan komputer dapat disusun, diedit, disalin, dan didistribusikan dengan jauh lebih cepat ketimbang presentasi menggunakan transparansi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar