Selasa, 24 Mei 2016

Mengetahui Fungsi IF, OR dan AND Dalam Microsoft Office Excel

Fungsi if digunakan untuk menguji suatu kondisi yang ditetapkan pada spreadsheet yang menghasilkan nilai benar atau salah. Dalam pemakain fungsi if kita bisa menambahkan fungsi OR atau AND untuk mendapat hasil yang kita inginkan. Fungsi OR atau AND ditambahkan pada bagian Logical_test pada fungsi if.


Memahami Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel 


Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bentuk Fungsi IF pada Microsoft Excel sebagai berikut ini

=IF(logical_test,value_if_true, value_if_false)

logical_test =Merupakan variabel penguji

value_if_true = nilai yang akan dihasilkan jika logical_test (variabel penguji) bernilai TRUE

value_if_false = nilai yang akan dihasilkan jika logical_test (variabel penguji) bernilai FALSE. kita juga dapat mengisi value_if-false dengan kondisi yang lain (untuk kasus ini anda dapat membaca Menggunakan Fungsi IF bertingkat.

Bentuk di atas merupakan bentuk sederhana dari bentuk fungsi IF yang telah kita jelaskan pada tutorial sebelumnya. Pada pembahasan kali ini kita akan memahami bagaimana menggunakan penggabungan fungsi IF dengan fungsi logika AND dan OR.  Menggunakan Fungsi IF, AND dan OR secara bersamaan dikarenakan ada dua variabel penguji untuk satu hasil (value if true). Untuk lebih jelas anda dapat menyimak bab di bawah ini.

Memahami Fungsi AND dan OR
Sama halnya dengan fungsi IF, Fungsi AND dan OR merupakan fungsi logika yang akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Bentuk Fungsi AND adalah sebagai berikut :

=AND(logical1, logical2, logical…,logical…., logicalN)

logical1, logical2, logical…, logical…,logicalN = adalah nilai yang akan diuji,

Untuk memahami bentuk dari Fungsi AND dan OR anda bisa melihat gambar di bawah ini :

Tutorial Microsoft Excel Menggunakan Fungsi IF
Contoh Fungsi AND
Pada gambar di atas, kolom KETERANGAN diisi dengan =AND(A3>=60, B3>=60), logical1 = A3>=60, dan logical2 B3>=60, artinya kolom KETERANGAN akan bernilai TRUE jika dua kondisi  logical1 (A3>=60) dan logical2 (B3>=60) memenuhi syarat (seperti pada cell C3 bernilai TRUE karena nilai cell A3 = 70 artinya memenuhi syarat dari kondisi logical1 A3>=60, begitu B3 memenuhi syarat dari kondisi logical2).  Sedangkan pada cell C4 bernilai FALSE karena salah satu syarat dari dua kondisi tidak dipenuhi yaitu logical1 (A4>=60) dan nilai dari A4 adalah 55 maka tidak memenuhi syarat. Fungsi AND akan bernilai TRUE jika semua syarat kondisi (logical) dipenuhi. belajar ilmu komputer 

Penulisan (syntax) Fungsi OR sama dengan penulisan (Syntax) Fungsi AND, untuk memahami bentuk penulisan dan Fungsi OR dapat anda lihat gambar dibawah ini :

Tutorial Microsoft Excel Menggunakan Fungsi IF
Contoh Fungsi OR
Pada Fungsi OR jika salah satu syarat kondisi logical dipenuhi maka akan bernilai TRUE, dan jika semua syarat tidak dipenuhi maka akan bernilai FALSE (seperti pada cell C6).

Sangat mudah memahami penggunaan Fungsi OR dan AND, kalau bahasa indonesianya sih kata ATAU memiliki fungsi yang berbeda dengan kata DAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar