Minggu, 03 April 2016

Tips Mengatasi CD/CDROM Tidak Terbaca Pada Laptop

Memperbaiki DVD Laptop yang Error dan Tidak Terbaca adalah hal yang penting dilakukan apalagi jika kamu suka menonton DVD di laptop atau melakukan transfer data melaui DVD Rom. Sebagai catatan, DVD error yang akan kita perbaiki disini adalah error karena kesalanan driver di sistem operasi windows, bukan dikarenakan hardware yang rusak atau sudah aus

Sekarang, jika tidak menunjukkan cd drive sama sekali, itu berarti bahwa sistem tidak mengenali drive ini,  atau tidak memiliki driver yang tepat agar drive ini bisa berfungsi .
Menimbang bahwa CD drive tidak tampak, Anda dapat mengambil beberapa langkah diagnosis lagi untuk mengkonfirmasi masalahnya.

Untuk memeriksa apakah driver CD telah diinstal atau rusak , Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

  • Klik kanan pada My Computer, dan pilih Properties .
  • Pilih Device Manager setelah mengklik tab Hardware .
  • Dari daftar yang muncul klik pada tanda + di samping DVD / CD - ROM drive .
  • Jika drive CD muncul setelah mengklik tanda + , dan sebuah tanda merah disebelahnya, ini menunjukkan bahwa sistem operasi telah membaca drive, tapi drive CD tidak diaktifkan. Cukup klik kanan pada nama drive dan pilih Enable, dan seharusnya sudah beres.


Masuk ke BIOS. Untuk melakukannya, Anda harus me-restart komputer  dan tekan F1 atau F8 berulang kali saat komputer booting . Kemudian masuk ke setup BIOS, dan periksa apakah CD / DVD ROM terbaca dalam daftar drive . belajar komputer


Pertama, cobalah untuk melakukan pendekatan hardware. Pendekatan hardware yang dimaksud di sini hanya untuk komputer desktop. Ikuti beberapa langkah sederhana berikut untuk menyelesaikan masalah yang terjadi CD drive yang dikarenakan masalah hardware .
Buka kabinet CPU .

Akan ada dua kabel yang menuju ke CD / DVD ROM . Satu kabel untuk transfer data, yang berasal dari motherboard, sedangkan kabel yang satunya adalah kabel yang memasok listrik dan lainnya yang berasal dari Power supply .

Periksa sambungan kabel, jika sambungan tak ada masalah, seharusnya CD drive sudah bisa terbaca. Jika CD tidak terbaca, maka berikut ini mungkin akan memecahkan masalah Anda:

Sekarang, bagaimana jika CD drive sudah terlihat di My Computer,  tapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk membaca atau menulis file ke CD. Hal ini tentu saja Anda tidak dapat memutar keping  CD di CD drive komputer anda karena sudah tidak bekerja. Jadi apa yang bisa Anda lakukan?.

  • Klik kanan pada My Computer --> Properties .
  • Di bawah tab Hardware pilih Device Manager .
  • Klik tanda + di samping DVD / CD- ROM, klik pada nama drive CD yang  terdaftar, dan pilih opsi uninstall, dari bar di bawah menu atas Device Manager .
  • Sekarang klik Action, dan pilih scan untuk perubahan Hardware. Windows akan secara otomatis menemukan drive yang hilang dan diinstal ulang. Ini seharusnya sudah bisa mengatasi masalah CD drive Anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar