Minggu, 24 April 2016

masalah yang sering terjadi pada processor dan cara mengatasinya



Sebagian pengguna komputer baik itu PC atau Laptop pernah mengalami perangkat mereka bermasalah, baik masalah atau kerusakan tersebut disebabkan oleh kesengajaan atau ketidak sengajaan, berikut ini saya akan merangkum beberapa macam kerusakan yang sering terjadi pada PC dan solusinya. Dengan saya menulis artikel ini semoga dapat membantu anda mengatasi masalah - masalah yang sering anda temui pada perangkat Komputer anda.

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa prosesor dapat mengalami gagal fungsi. Dalam dunia nyata, kegagalan prosesor secara langsung sangat langka, terutama jika prosesor telah bekerja baik sebelumnya (kecuali jika processor sudah sangat tua, lebih dari sepuluh tahun). Jika prosesor bekerja baik pada bulan pertama, bisa bertahan selama lima tahun atau lebih lama pada Motherboard yang sama, asalkan tidak disalahgunakan. Masalah dengan prosesor lebih sering disebabkan misconfigurations, masalah overheating, atau kesalahan diagnosis komponen lainnya.


Processor ini juga kadang menimbulkan berbagai macam masalah. Berikut adalah masalah yang serin terjadi pada processor dan beberapa trik untuk mengatasinya :

1. Masalah yang pertama adalah ketika kita hendak mengganti processor yang baru dan tetapi processor tersebut tidak terdeteksi oleh sistem komputer, dan speed processor yang ada pada BIOSnya pun pada saat melakukan booting pertamakali tidak sama dengan speed processor yang sebenarnya, maka dari itu untuk menangani problem yang seperti ini anda bisa menerapkan trik berikut oke cekidot :

Hal yang pertama yang harus anda lakukan ialah pastikan terlebih dahulu apakah processornya sudah terpasang dengan tepat pada slot processor atau belum, jika belum segera pasangkan dengan benar sesuai kaidahnya.

Setelah itu hal yang kedua adalah anda bisa mengecek and ricek settingan terhadap mobo anda, apakah jumper-jumper yang ada sudah terpasangkan dengan benar ataukah belum jika belum segerlah anda pasangkan. Hal ini dapat anda lihat di buku manual penggunaan mobo dan processor. Perhatian !! "Jangan pernah anda mencoba mengubah/mengutak-atik posisi jumper tanpa mengetahui kegunaan dari jumper itu sendiri dan bagaimana settingan yang benarnya.

2. Masalah berikutnya adalah Processor yang anda miliki menjadi sering cepat panas.
Untuk mengetahui suhu dari processor anda, anda dapat mengeceknya dari BIOS atau software yang berfungsi untuk melihat suhu processor. Karena suhu processor terlalu panas hal yang seperti ini dapat menyebabkan hang atau reboot pada komputer anda, Untuk mengatasi masalah yang seperti ini anda bisa mengikuti langkah trik berikut ini :

Pertama anda pastikan terlebih dahulu heatsink fan(kipas pendingin suhu) apakah masih berfungsi dengan baik ataukah sebaliknya, anda harus mempastikan bahwa heatsink yang anda miliki memiliki kualitas yang bagus dan layak untuk dipergunakan. kursus komputer via online 

Kedua Perhatikan apakah diatas permukaan chip processor yang anda miliki sudah dilapisi thermal paste? jika belum segera anda berikan thermal paste pada processor yang anda miliki.

Demikian Sedikit Ilmu yang dapat saya sampaikan Mengenai masalah  yang sering terjadi pada processor dan cara mengatasinya. semoga bermanfaat ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar