Selasa, 29 Maret 2016

Pengertian Paket Data / Paket Jaringan

Paket jaringan atau network packet adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan di atas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital. Sebuah paket berisi packet header yang berisi informasi mengenai protokol tersebut (informasi mengenai jenis, sumber, tujuan, atau informasi lainnya), data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload, dan packet trailer yang bersifat opsional. Sebuah paket memiliki struktur logis yang dibentuk oleh protokol yang digunakannya. Ukuran setiap paket juga dapat bervariasi, tergantung struktur yang dibentuk oleh arsitektur jaringan yang digunakan. Paket jaringan juga dapat disebut datagram, frame, atau cell.

Paket data atau bisa kita sebut paket jaringan adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan diatas jaringan atau melalui komunikasi digital. paket data berisi packet header yang berisi informasi mengenai protokol tersebut, data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload, dan paket trailer yang bersifat opsial. sebuah oaket memiliki struktur logis yang dibentuk oleh protokol yang digunakanya. ukuran setiap paket data juga dapat bervariasi, tergantung struktur yang dibentuk oleh arsitektur jaringan yang digunakan. paket jaringan juga dapat disebut datagram, frame, atau cell. private komputer

jika dilihat dari perspektif model tujuan lapisan open systems interconnection (OSI), istilah packet dan frame memiliki definisi yang jauh berbeda. sebuah paket merupakan "amplop elektronik" yang mengandung informasi yang dibentuk pada lapisan 3 hingga lapisan 7 dari model tujuh lapis OSI tersebut, sementara sebuah frame adalah "amplop elektronik" yang mengandung informasi mengenai oaket dan informasi lainya dari semua lapisan tujuh lapisan OSI.
paket data atau paket jaringan dibuat saat transmisi dilakukan, dengan menggunakan proses enkapsulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar