Kamis, 17 Maret 2016

Kelebihan dan Kekurangan Komputer dalam Dunia Pendidikan


Teknologi jaringan komputer/internet memberi manfaat bagi pemakainya untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan pemakai lainnya. Hal ini dimungkinkan dengan diciptakannya sebuah alat bernama modem. Jaringan komputer/internet memberi kemungkinan bagi pesertanya untuk melakukan komunikasi tertulis dan saling bertukar pikiran tentang kegiatan belajar yang mereka lakukan. Jaringan komputer dapat dirancang sedemikian rupa agar dosen dapat berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa dapat melakukan interaksi belajar dengan mahasiswa yang lain. Interaksi pembelajaran dengan menggunakan jaringan komputer tidak saja dapat dilakukan secara individual, tetapi juga untuk menunjang kegiatan belajar kelompok.

Pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan jarak jauh dikenal juga dengan istilah Computer Conferencing System (CCF). Biasanya sistem ini dilakukan melalui surat elektronik atau E-mail. Beberapa kelebihan pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan jarak jauh yaitu: dapat memperkaya model-model tutorial, dapat memecahkan masalah belajar yang dihadapi mahasiswa dalam waktu yang lebih singkat dan dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu dalam memperoleh informasi. CCF memberi kemungkinan bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan interaksi pembelajaran langsung antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.


Keuntungan :
·         Membantu guru dalam mengajar siswa dengan mudah dan cepat
·         Siswa dapat mencari konsep atau hal-hal yang mereka ingin ketahui
·         Internet dapat memberikan beragam informasi, sehingga akan meningkatkan pengetahuan para            siswa
·         siswa akan dapat memperoleh pengetahuan dari berbagai mata pelajaran dan hal-hal yang lain              selain pelajaran di sekolah mereka
·         Pengenalan komputer di lembaga pendidikan dapat membantu siswa belajar tentang software             dan hardware yang berbeda, di bawah bimbingan guru
·         Pentingnya pendidikan komputer menjadi fakta bahwa siswa yang memiliki keterampilan                   komputer memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih pekerjaan yang terbaik dibandingkan           dengan mereka yang tidak memilikinya.

Kerugian :
·         komputer dapat membuat otak kita menjadi lebih malas dan jarang diasah.
·         Melakukan semua perhitungan dengan bantuan software dan kalkulator dapat mempengaruhi              kemampuan matematika kita sendiri
·         Dengan informasi yang siap pakai dan tersedia di internet. Siswa akan lebih jarang datang ke               perpustakaan dan mencari informasi dengan menggunkan sumber-sumber lain.
·         Kurang membaca dapat menghambat kemajuan dan masa depan pendidikan.

Bahwa komputer dan pendidikan telah menjadi saling keterhubungan satu sama lain. Oleh sebab itu kita harus bisa dengan bijak memanfaatkan teknologi komputer yang telah mempengaruhi kehidupan kita secara positif.

Sekian Artikel Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Komputer dalam Dunia Pendidikan. Semoga dapat Bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar