Senin, 01 Februari 2016

Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger Profesional

mungkin seiring bertambahnya waktu, seiring semakin canggihnya perkembangan informasi saat ini, mindset anda berubah, dari seorang pencari informasi ingin menjadi seorang penyaji informasi diinternet, jika itu yang ada dipikiran anda, saya rasa anda sudah berada pada jalan yang benar haha, mejadi blogger itu memang keren, anda bisa dikenal banyak orang dari berbagai negara, bisa menyalurkan apa yang ada dipikiran kita dengan elegan, mempunyai banyak teman dan yang paling hebat dalam dunia blogger, anda bisa mendapatkan uang dari aktivitas atau kegiatan blogging ini.




menjadi blogger memang identik dengan menulis artikel, berkomentar, menebar link dan lain sebagainya, tapi sebenarnya tujuan awal seorang blogger adalah "memberikan semua informasi yang dia miliki kepada semaua orang", namun pada perkembangannya, ketika seseorang telah terjun kedalam dunia blogging, mindset mereka akan berubah, yaitu "mengumpulkan lembaran dollar sebanyak-banyaknya"  terlihat wajar memang, karena dari sinilah mereka hidup, tapi tentunya tidak bisa terlepas dari tujuan awal mereka, yaitu memberikan informasi, karena sejatinya blogging adalah hobby,

Berikut langkah awal yang bisa kita terapkan untuk memulai menjadi seorang blogger:

1. Mengetahui tujuan kita
Sebelumnya kita harus tahu, tujuan yang sebenarnya kenapa kita ingin menjadi seorang blogger. Apakah untuk mencari tambahan penghasilan, share pengetahuan dan kehidupan atau sekedar coba - coba..? Jika kita tahu tujuan dan maksud kita yang sebenarnya maka langkah selanjutnya untuk mewujudkannya akan menjadi lebih mudah.

2. Rencana
Membuat rencana suatu pekerjaan sangat penting bagi kita. Bila kita memulai suatu hal tanpa perencanaan terlebih dulu maka tingkat ketidakberhasilannya akan tinggi. Beberapa rencana yang bisa kita mulai adalah :

  • Menentukan tema blog
    Tema blog kita hendaknya berkaitan dengan minat dan keahlian kita. Bila kita memiliki minat dalam tema yang telah dipilih namun kurang ahli didalamnya maka kita perlu memperluas pengetahuan dari berbagai sumber yang telah kita dapatkan. Belajar dan terus belajar demi meningkatkan kemampuan dan pemahaman kita.
  • Menentukan target
    Target yang dimaksud disini bukan target $$$ melainkan jenis visitor yang akan berkunjung di blog kita. Apakah mereka seorang pembeli atau sekedar pencari informasi. Ini perlu diperhitungkan karena bila tujuan kita membuat blog adalah untuk memasarkan barang dagangan kita dan pengunjung blog yang menyinggahi blog kita hanya ingin mencari informasi saja.
  • Menulis konten blog
    Bila tema blog dan target pengunjung telah kita tetapkan maka kita usahakan untuk membuat beberapa artikel yang berkaitan dengannya, sebagai konten untuk blog kita. Usahakan konten ini bermanfaat bagi orang lain agar blog kita ramai dikunjungi oleh visitor yang sedang mencari referensi. Untuk blog yang berbau bisnis online usahakan konten tersebut mengarahkan pengunjung pada bisnis yang kita tawarkan. Buat konten semenarik mungkin dan jangan mencolok bahwa kita sedang menawarkan dagangan kita.
  • Membuat blog
    Untuk menjadi seorang blogger kita membutuhkan sebuah blog. Kita bisa menggunakan blog gratis maupun blog berbayar. Dan lebih baik bila kita menggunakan keduanya, blog gratis kita manfaatkan sebagai dummy blog sedang blog berbayar yang memiliki domain dan hosting sendiri bisa kita jadikan sebagai blog yang memasang produk - produk kita.
  • Berpromosi
    Rencana promosi sangat menentukan berhasil tidaknya usaha kita baik itu blog untuk tujuan bisnis maupun pribadi. Promosi bisa kita lakukan secara offline maupun online, dan gratis maupun berbayar.

3. Kerja
Setelah rencana yang matang berhasil kita buat maka kita tidak boleh mengulur waktu untuk mengerjakan semua rencana tersebut. Sebaiknya segera kita kerjakan.

4. Fokus
Ada beberapa hal yang mungkin dapat menghambat jalannya kerja kita seperti rasa bosan, malas dan sebagainya. Untuk itu kita perlu menghindarinya dengan terus berfokus pada tujuan kita. Insya Allah semua akan berjalan lancar sesuai yang kita harapkan.

 Demikian ulasan mengenai Langkah awal menjadi seorang blogger profesional .semoga bermanfaat untuk  semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar